Teknik penyusunan Instrumen tes dan nontes
Kehadiran buku ini merupakan sousi yang tepat bagi guru, dosen maupun mahasiswa yang kesulitan dalam pembuatan instrumen baik untuk penelitian maupun untuk menilai peserta didik (siswa) setelah proses belajar. Buku ini membahas secara praktis tentang prinsip pengukuran, penilaian, dan evaluasi pendidikan. Masalah validitas dan reliabilitas tes dibahas pada bab tersendiri karena hal penting dalam penyusunan soal yang baku. Kemudian diikuti dengan pembahasan tentang penyusunan instrumen baik tes maupun nontes, analisis tes, pensekoran, dan pelaporan. Pembahasan tiap bagian dimulai dengan konsep dasar dan diikuti dengan aplikasinya, sehingga diharapkan buku ini mudah dipahami baik bagi dosen, gur, maupun mahasiswa. buku ini juga membahas bentuk-bentuk tes, secara terperinci dari bentuk pilihan ganda, tes lisan, menjodohkan, benar salah, bentuk uraian dan portofolio yang disertai acuan penilaiannya. Penyusunan buku ini juga dilengkapi dengan beberapa contoh pembuatan instrumen seperti minat, sikap, konsep diri, dan nilai. Selain itu disajikan juga cara mensekor sebuah tes atau instrumen. Buku ini juga dilampiri kisi-kisi penilaian, telaah butir tes, bentuk soal dan contoh laporan hasil belajar peserta didik.
Pengarang | Djemari Mardapi, Prof. Ph.D. Ari Setiawan , M.Pd. |
Edisi | Cet. 1 |
No. Panggil | 001.42 DJE t |
ISBN/ISSN | 978-979-15565-4-5 |
Subyek | Metodologi Penelitian |
Klasifikasi | 001.42 |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Mitra Cendekia Press |
Tahun Terbit | 2008 |
Tempat Terbit | Jogjakarta |
Kolasi | viii + 166 halaman ; 21 cm |
Detil Spesifik | |
Baca Daring |