Katalog Induk Perpustakaan Sekolah

Hotline

Hotline

+6221-5707870
Text

IPS Sejarah untuk SMA/MA Kelas X (Kurikulum Merdeka)

IPS Sejarah untuk SMA/MA KELAS X. Buku IPS Sejarah untuk SMA/MA ini memuat pelajaran sejarah yang membantu peserta didik menumbuhkan pemahaman dan kesadaran mengenai keindonesiaan. Pemahaman dan kesadaran tersebut wajib diketahui oleh segenap bangsa Indonesia. Hal ini sesuai dengan tujuan Capaian Pembelajaran Sejarah Kurikulum Merdeka. Di dalam buku ini, tersaji model pembelajaran sederhana berbasis kegiatan untuk mengasah pemahaman konsep sejarah dan keterampilan proses sejarah peserta didik. Untuk mendukung semua proses itu, buku ini dilengkapi fitur-fitur berikut.





l Kegiatan berupa aktivitas perseorangan atau kelompokuntuk mengasah kemampuan peserta didik dalam mengembangkan konsep-konsep dasar sejarah. Kemampuan tersebut dapat digunakan oleh peserta didik dalam mengkaji peristiwa sejarah Indonesia.

l Historia berisi informasi pengayaan yang perlu diketahui peserta didik dan berkaitan erat dengan materi yang sedang dibahas agar dapat memahami materi secara utuh.

l Rangkuman berupa kumpulan garis besar materi untuk mempermudah pemahaman peserta didik.

l Latihan Soal Akhir Bab berupa soal pilihan ganda dan esai sebagai evaluasi yang sudah dilengkapi dengan soal berstandar higher order thinking skills (HOTS).

l Soal Model AKM berupa soal-soal dengan karakteristik Asesmen Kompetensi Minimum, khususnya bagian literasi membaca, untuk mengenalkan soal model AKM kepada peserta didik.

l Refleksi berupa isian singkat sebagai bahan introspeksi peserta didik akan pemahamannya terhadap bab yang telah dipelajari.

l Praproyek berupa tugas perencanaan kerja sistematis sebagai instrumen yang terintegrasi dengan penerapan Profil Pelajar Pancasila.




Buku IPS Sejarah untuk SMA/MA ini memuat pelajaran sejarah yang membantu peserta didik menumbuhkan pemahaman dan kesadaran mengenai keindonesiaan. Pemahaman dan kesadaran tersebut wajib diketahui oleh segenap bangsa Indonesia. Hal ini sesuai dengan tujuan Capaian Pembelajaran Sejarah Kurikulum Merdeka. Di dalam buku ini, tersaji model pembelajaran sederhana berbasis kegiatan untuk mengasah pemahaman konsep sejarah dan keterampilan proses sejarah peserta didik. Untuk mendukung semua proses itu, buku ini dilengkapi fitur-fitur berikut.




l Kegiatan berupa aktivitas perseorangan atau kelompokuntuk mengasah kemampuan peserta didik dalam mengembangkan konsep-konsep dasar sejarah. Kemampuan tersebut dapat digunakan oleh peserta didik dalam mengkaji peristiwa sejarah Indonesia.

l Historia berisi informasi pengayaan yang perlu diketahui peserta didik dan berkaitan erat dengan materi yang sedang dibahas agar dapat memahami materi secara utuh.

l Rangkuman berupa kumpulan garis besar materi untuk mempermudah pemahaman peserta didik.

l Latihan Soal Akhir Bab berupa soal pilihan ganda dan esai sebagai evaluasi yang sudah dilengkapi dengan soal berstandar higher order thinking skills (HOTS).

l Soal Model AKM berupa soal-soal dengan karakteristik Asesmen Kompetensi Minimum, khususnya bagian literasi membaca, untuk mengenalkan soal model AKM kepada peserta didik.

l Refleksi berupa isian singkat sebagai bahan introspeksi peserta didik akan pemahamannya terhadap bab yang telah dipelajari.

l Praproyek berupa tugas perencanaan kerja sistematis sebagai instrumen yang terintegrasi dengan penerapan Profil Pelajar Pancasila.

Pengarang Ratna Hapsari
M. Adil
Edisi
No. Panggil 959.8 RAT i-X
ISBN/ISSN 978602066115
Subyek SEJARAH
Klasifikasi 950
Bahasa Indonesia
Penerbit Erlangga
Tahun Terbit 2022
Tempat Terbit Jakarta
Kolasi xii+ 283 hlm: bibl.: il.: tab.; 21 x 26 cm.
Detil Spesifik
Baca Daring