Katalog Induk Perpustakaan Sekolah

Hotline

Hotline

+6221-5707870
Text

PTK penelitian tindakan kelas teori dan aplikasi

PTK PENELITIAN TINPAKAN KELAS APLIKASI TEORI

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) punyai tujuan yaitu untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas praktik pembelajaran kelas secara berkesinambungan, untuk selanjutnya meningkatkan mutu hasil pembelajaran (intruksional) mengembangkan keterampilan guru, meningkatkan relevansi, meningkatkan efesiensi pengelolaan pembelajaran, serta menumbuhkembangkan budaya meneliti pada komunitas guru

PTK sendiri baru dikenal di Indonesia pada akhir dekade tahun 1980-an, meskipun PTK sebenarnya sudah diperkenalkan pada tahun 1946 oleh ahli psikologi sosial Amerika yang bernama Kurt Lewin Inti gagasan Kurt Lewin inilah yang selanjutnya dikembangkan oleh ahli-ahli lain seperti Stephen Kemmis, Robin MC Taggart, John Elliot, Dave Ebbutt, dan lainnya

Di dalam bidang pendidikan penelitian ini dapat dilakukan pada skala makro ataupun mikro Dalam skala mikro misalnya dilakukan di dalam kelas pada waktu berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (pembelajaran) untuk suatu pokok bahasan tertentu pada suatu mata pelajaran. Pada skala makro misalnya kegiatan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) atau School Action Research (SAR)

Buku ini wajib dimiliki oleh guru untuk meningkatkan profesionalitasnya. Buku ini berisi panduan

teori dan praktik tentang bagaimana menyiapkan, melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitian

tindakan kelas tersebut, berisi Kajian PTK, Proposal PTK. Laporan Hasil PTK, dan Artikel PTK

untuk dipublikasikan pada Jumal Ilmiah ber-ISSN. Buku ini juga dilengkapi dengan CD interaktif.

Pengarang Zainal Aqib
Ahmad Amrullah
Edisi Ed. I
No. Panggil 370.72 ZAI p
ISBN/ISSN 9789792971699
Subyek PTK
Klasifikasi 370.72
Bahasa Indonesia
Penerbit Andi
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit Yogyakarta
Kolasi viii, 216 hlm.; 16 x 23 cm
Detil Spesifik
Baca Daring