Katalog Induk Perpustakaan Sekolah

Hotline

Hotline

+6221-5707870
Text

PTK (penelitian tindakan kelas), PTS (penelitian tindakan sekolah), PTBK (penelitian tindakan bimbingan konseling) teori dan aplikasi

Secara konseptual PTK (Penelitian Tindakan Kelas), PTS (Penelitian Tindakan Sekolah), dan PTBK

(Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling) adalah sama. Tekanan perbedaannya terletak pada

pelaku/peneliti dan setting penelitiannya.

Penelitian Tindakan Kelas (PTK), atau "Classroom Action Research" (CAR), mempunyai tujuan yaitu untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas praktik pembelajaran di kelas secara berkesinambungan, untuk selanjutnya meningkatkan mutu hasil pembelajaran (intruksional), mengembangkan keterampilan guru, meningkatkan relevansi, meningkatkan efesiensi pengelolaan pembelajaran, serta menumbuhkembangkan budaya meneliti pada komunitas guru

PTS (Penelitian Tindakan Sekolah) atau "School Action Research" (SAR) adalah bentuk kegiatan refleksi diri yang dilakukan oleh para pelaku pendidikan (Pengawas Sekolah dan atau Kepala Sekolah) dalam situasi kependidikan untuk memperbaiki rasionalitas dan keadilan tentang (a) praktik-praktik kependidikan mereka, (b) pemahaman mereka tentang praktik-praktik tersebut, dan (c) situasi di mana praktik-praktik tersebut dilaksanakan PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling) atau "Guidance & Counseling Action Research", yaitu

penelitian yang dilakukan oleh guru BK alau Konselor di sekolah atau ruang BK lempat ia bertugas dengan

tekanan pada penyempurnaan atau peningkatan proses dan praksis konseling. Untuk memperbaiki dan atau

meningkatkan kualitas praktik konseling secara berkesinambungan sehingga meningkatkan mutu hasil

konseling, mengembangkan keterampilan konselor, meningkatkan relevansi, meningkatkan efisiensi

pengelolaan konseling serta menumbuhkan budaya meneliti pada komunitas konselor

Penelitian Tindakan (Action Research), diperkenalkan pada tahun 1946 oleh ahli psikologi sosial Amerika yang bernama Kurt Lewin. Inti gagasan Kurt Lewin inilah yang selanjutnya dikembangkan oleh ahli-ahli lain seperti Stephen Kemmis, Robin MC Taggart, John Elliot, Dave Ebbutt, dan lainnya

Di dalam bidang pendidikan, penelitian ini dapat dilakukan pada skala makro ataupun mikro. Dalam skala mikro misalnya dilakukan di dalam kelas (PTK) dan di ruang BK (PTBK). Pada skala makro misalnya kegiatan PTS.

Buku ini patut dimiliki oleh guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah untuk meningkatkan

profesionalitasnya. Buku ini berisi panduan teori dan praktik tentang bagaimana menyiapkan, melaksanakan.

dan melaporkan hasil PTK, PTS, dan PTBK.

Pengarang Zainal Aqib
FI. Sigit Suryantoro
Ahmad Amrullah
Edisi Ed. I
No. Panggil 370.72 ZAI p
ISBN/ISSN 9786230100543
Subyek PTK
Klasifikasi 370.72
Bahasa Indonesia
Penerbit Andi
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit Yogyakarta
Kolasi iv, 316 hlm.; 16 x 23 cm
Detil Spesifik
Baca Daring