Katalog Induk Perpustakaan Sekolah

Hotline

Hotline

+6221-5707870
Text

Buku Agama Katolik dan Budi Pekerti : Buku Guru SD Kelas V

Pembelajaran agama diharapkan mampu menambah wawasan keagamaan,
mengasah keterampilan beragama dan mewujudkan sikap beragama siswa yang
utuh dan berimbang yang mencakup hubungan manusia dengan Penciptanya,
sesama manusia dan manusia dengan lingkungannya. Untuk itu pendidikan
agama perlu diberi penekanan khusus terkait dengan penanaman karakter
dalam pembentukan budi pekerti yang luhur. Karakter yang ingin kita tanamkan
antara lain: kejujuran, kedisiplinan, cinta kebersihan, cinta kasih, semangat
berbagi, optimisme, cinta tanah air, kepenasaran intelektual, dan kreativitas.
Nilai-nilai karakter itu digali dan diserap dari pengetahuan agama yang
dipelajari para siswa itu dan menjadi penggerak dalam pembentukan,
pengembangan, peningkatan, pemeliharaan, dan perbaikan perilaku anak didik
agar mau dan mampu melaksanakan tugas-tugas hidup mereka secara selaras,
serasi, seimbang antara lahir-batin, jasmani-rohani, material-spiritual, dan
individu-sosial. Selaras dengan itu, pendidikan agama Katolik secara khusus
bertujuan membangun dan membimbing siswa agar tumbuh berkembang
mencapai kepribadian utuh yang semakin mencerminkan diri mereka sebagai
gambar Allah, sebab demikianlah “Allah menciptakan manusia itu menurut
gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia” (Kejadian 1:27). Sebagai
makhluk yang diciptakan seturut gambar Allah, manusia perlu mengembangkan
sifat cinta kasih dan takut akan Allah, memiliki kecerdasan, keterampilan,
pekerti luhur, memelihara lingkungan, serta ikut bertanggung jawab dalam
pembangunan masyarakat, bangsa dan negara. [Sigit DK: 2013].
Buku pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti ini ditulis dengan
semangat itu. Pembelajarannya dibagi-bagi dalam kegiatan-kegiatan yang harus
dilakukan siswa dalam usaha memahami pengetahuan agamanya. Akan tetapi
pengetahuan agama bukanlah hasil akhir yang dituju. Pemahaman tersebut
harus diaktualisasikan dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai
dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah
sosial. Untuk itu, sebagai buku agama yang mengacu pada kurikulum berbasis
kompetensi, rencana pembelajarannya dinyatakan dalam bentuk aktivitasaktivitas.
Di dalamnya dirancang urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam
kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan siswa. Dengan demikian,
buku ini menuntun apa yang harus dilakukan siswa bersama guru dan temanteman
sekelasnya untuk memahami dan menjalankan ajaran iman Katolik.

Pengarang FX. Dapiyanta
Marianus Didi Kasmudi
Edisi Cet -2
No. Panggil 282 FXD p
ISBN/ISSN 978-602-282-222-6
Subyek BUKU PELAJARAN
Klasifikasi 282
Bahasa Indonesia
Penerbit Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit Jakata
Kolasi xii, 196 hlm.; ilus.; 25 cm.
Detil Spesifik
Baca Daring